Selamat datang pada situs m.seawalker.co.id Berbagai bantuan sosial yang di salurkan oleh pemerintah kini masih berjalan begitu lancar akibat pandemi seperti sekarang ini. Untuk para masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan seperti BPUM, maka kamu bisa ketahui saja Cara Daftar BPUM ini.
Lumayan kan kalau mendapatkan bantuan seperti ini. Jadi kalau kamu memang membutuhkannya, maka kamu juga bisa langsung mendaftar lho. Pahami cara – caranya juga akan kamu juga akan bisa mendapatkan bantuannya ya.
Mungkin kebanyakan diantara kamu merasa bingung dengan adanya cara pendaftaran ini. Nah, untuk kamu semua yang berminat untuk mendaftarkan bantuan seperti BPUM, maka kamu silahkan ketahui berbagai caranya di artikel ini.
Apa Yang Dimaksud Dengan BPUM
BPUM ini merupakan singkatan dari Bantuan Produktif Usaha Mikro dimana bantuan yang satu ini disalurkan kepada para pelaku usaha. Karena sekarang ini banyak sekali para pelaku usaha yang terpuruk akibat adanya pandemi.
Karena adanya hal seperti itu, makanya banyak yang membutuhkan aluran tangan dari pemerintah. Dan tentunya bantuan seperti ini begitu bermanfaat sekali bagi pelaku usaha. Karena banyak dari mereka yang berharap menantikan bantuan BPUM ini.
Tak hanya dikenal sebagai BPUM saja, namun bantuan seperti ini juga dikenal sebagai BLT UMKM dimana nantinya para pelaku usaha yang terdampak pandemi akan bisa menerima bantuan seperti ini.
Karena memang bantuannya yang lumayan makanya banyak orang juga yang membutuhkan bantuan seperti ini. Namun kalau kamu belum mendapatkannya, maka kamu juga perlu melakukan pendaftaran agar bisa menerima bantuan tersebut.
Bantuan yang disalurkan oleh pemerintah seperti ini nantinya akan bisa diberikan bagi para pelaku usaha yang telah terdampak pandemi dengan modal usaha sebesar Rp 1,2 juga bagi setiap orang. Wah, tentunya bantuan seperti ini begitu berguna banget kan?
Untuk penyaluran bantuan seperti ini memang pemerintah sendiri sudah menyiapkan anggaran hingga mencapai 15,3 triliun yang nantinya akan bisa disalurkan kepada 12,8 juta bagi para pelaku usaha bantuan UMKM.
Untuk penyaluran bantuan seperti ini nantinya akan disalurkan oleh pemerintah sendiri melalui rekening yang di miliki. Adapun diantara bank tersebut yaitu BNI, BRI, BPD dan juga Bank Mandiri.
Nah, apabila kamu ingin melakukan pengecekan terhadap bantuan yang sudah kamu terima atau belum, maka kamu bisa langsung cek saja secara mandiri menggunakan link yang sudah tersedia.
Bantuan seperti ini begitu membantu sekali bagi mereka yang sempat diberhentikan pekerjaannya akibat pandemi seperti sekarang ini. Karena kalau kamu melanjutkan usaha lagi pasti juga mereka harus membutuhkan modal.
Nah, kalau diantara kamu ingin mendapatkannya, maka segera saja ketahui bagaimana Cara Daftar BPUM BRI ini ya. Untuk bisa mendapatkannya, maka ada beberapa syarat yang harus diperlukan ya.
Persyaratan Daftar BPUM UMKM Online
Kalau kamu menjadi salah satu pelaku usaha UMKM dan kamu juga ingin mendapatkan bantuan pemerintah seperti BPUM ini, maka kamu juga bisa segara mendaftarkannya saja ya. Namun tentunya tidak semudah itu untuk Cara Daftar BPUM.
Pasalnya, jika kamu ingin mendapatkannya maka kamu juga harus memenuhi syarat dan juga ketentuannya yang berlaku. kalau kamu berhasil memenuhi semua ketentuan yang sudah di berlakukan, maka kamu baru bisa mendapatkannya.
Jadi kalau kamu ingin menerima bantuan seperti ini maka perlu memenuhi dulu berbagai syaratnya. Tak hanya bantuan BPUM saja, melainkan kalau kamu ingin mendapatkan bantuan pemerintah yang lainnya, pasti ada syarat yang harus dibutuhkan.
Apabila kamu sorang pelaku usaha UMKM, silahkan kamu penuhi segala syarat dan juga ketentuan agar bisa mendapatkan bantuan pemerintah seperti BPUM ini.
- Syarat wajib pertama kamu harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
- Pelaku usaha seperti UMKM ini harus berusia minimal 18 Tahun
- Sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Usia usaha UMKM minimal 2 tahun
- Sudah memiliki SKU (Surat Keterangan Usaha) dari pemerintah daerah
- Pelaku usaha pastikan tidak sedang dibiayai oleh kredit ataupun koperasi
- Pelaku usaha tentunya bukan bagian dari TNI, Polri ataupun Pegawai Negeri Sipil (PNS)
- Memiliki surat izin usaha juga dari pemerintah setempat
- Pastikan pelaku usaha sudah terdaftar sebagai UMKM
Berbagai persyaratan dan juga ketentuan seperti yang telah disebutkan diatas memang harus kamu penuhi agar kamu bisa segara mendapatkan bantuan BPUM ini. Bantuan yang lumayan juga akan berguna buat modal usaha kamu.
Akan tetapi, sebelum melakukan pendaftaran BPUM, maka ada beberapa berkas yang harus kamu siapkan terlebih dahulu.
Berkas Yang Perlu Disiapkan Sebelum Daftar BPUM
Selain menyiapkan berbagai persyaratan atau ketentuan yang berlaku, maka kamu juga harus menyiapkan berbagai berkas – berkas penting yang nantinya harus kamu siapkan sebelum mendaftarkan BPUM.
Tidak perlu merasa khawatir, karena berbagai berkas yang diperlukan ini tidak begitu sulit untuk kamu lakukan. Pokoknya dengan mengikuti semua persyaratan atau berkas – berkas yang diperlukan, baru nanti kamu bisa mendapatkan bantuan seperti BPUM ini.
Dengan cara yang tidak sulit seperti ini nantinya kamu akan bisa langsung mendapatkan bantuan yang tentunya akan bisa memberikan modal untuk usaha yang sedang kamu jalankan seperti sekarang ini.
Jadi kamu siapkan saja terlebih dahulu berkas – berkas yang di perlukan. Adapun berbagai berkas yang harus kamu siapkan sebelum daftar BPUM yaitu seperti berikut ini.
- Harus memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
- SKU (Surat Keterangan Usaha)
- Surat Keterangan Bukan Koperasi
- KK (Kartu Keluarga)
- Bidang usaha yang diusulkan
- Surat Keterangan Yang Tidak Ditandai Oleh Kredit Rakyat
- Nomor telepon yang tentunya masih aktif agar bisa dihubungi dengan mudah
Berbagai persyaratan dan juga berkas – berkas seperti yang kami sebutkan diatas ini memang harus kamu penuhi saja. Dengan begitu maka kamu juga akan bisa melakukan pendaftaran BPUM degan mudah dan cepat.
Apabila kamu tidak menyiapkan persyaratan dan juga berkas – berkas penting yang dibutuhkan, maka pastinya kamu tidak akan bisa menerima bantuan pemerintah seperti BPUM ini. Jadi hal seperti ini harus kamu perhatikan ya.
Cara Daftar BPUM BRI Online Dengan Mudah
Bantuan seperti BPUM ini umumnya memang dicairkan bagi para pelaku usaha yang terdampak pandemi. Untuk pelaku usaha yang ingin mendapatkan bantuan seperti ini, maka mereka juga harus memenuhi berbagai syarat yang dibutuhkan.
Tak hanya syarat yang dibutuhkan saja, melainkan ada berkas – berkas penting yang nantinya harus kamu penuhi sebelum mendaftarkan bantuan seperti BPUM ini.
Dengan memenuhi syarat yang ada, maka kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut. Jadi kamu bisa sesegera mungkin memenuhi persyaratan agar kamu bisa segera mungkin mendapatkan bantuannya.
Nah, untuk kamu yang tertarik untuk mendaftarkan diri dalam program bantuan seperti BPUM ini, maka segera kamu lakukan saja pendaftaran untuk bisa menerima bantuan tersebut.
Untuk mengetahui berbagai cara yang harus kamu lakukan agar bisa daftar program BPUM, maka silahkan untuk kamu mengikuti berbagai langkah – langkah yang tersedia dibawah ini.
- Langkah awal yang perlu kamu lakukan ialah harus menyiapkan dulu berbagai berkas yang diperlukan seperti KTP, KK, SKU dll
- Selanjutnya kamu perlu mendatangi saja Dinas Koperasi dan UMKM yang berada dalam kota kamu
- Setelah itu kamu katakan saja sama petugasnya kalau kamu ingin mendaftar sebagai penerima BPUM
- Apabila sudah, nantinya kamu akan langsung diberikan Formulir Pendaftaran BPUM, kamu tinggal isikan saja semuanya sesuai yang dibutuhkan
- Kamu isikan mulai dari nama, jenis kelamin, usia, jenis usaha, alamat, dan yang lainnya
- Apabila formulir yang kamu isikan sudah lengkap, maka silahkan kamu setorkan kembali ke petugas
- Kamu bisa menunggu saja sampai petugas memanggil nama kamu, nanti biasanya kamu akan dimintakan berkas – berkas yang diperlukan
- Kamu bisa langsung serahkan saja semua Berkas yang kamu bawa dan menunggu lagi sampai petugas tersebut memanggil nama kamu
- Setelah itu nantinya kamu akan diberikan Surat Permohonan dan kamu bisa menyimpan saja surat tersebut
- Nah, kini kamu sudah berhasil untuk mendaftar dalam program penerima BPUM, dan kamu hanya perlu menunggu saja proses verifikasi sampai benar – benar selesai
- Proses verifikasi seperti ini memang membutuhkan waktu sampai berminggu – minggu, maka dari itu kamu juga harus sabar untuk menunggunya
- Setelah pengajuan BPUM disetujui, maka kamu akan bisa langsung mengambil bantuan tersebut melalui bank BRI saat pencairan
Kalau kamu ingin mendapatkan program bantuan BPUM, maka kamu bisa langsung ikuti saja berbagai langkah seperti diatas. Kalau kamu mengikuti berbagai langkah diatas, maka kamu juga akan berkesempatan untuk bisa mendapatkan bantuan BPUM.
Cara Mencairkan Program Bantuan BPUM melalui Bank BRI
Program bantuan seperti BPUM ini memang begitu bermanfaat sekali bagi para pelaku usaha yang terdampak pandemi. Karena bantuan seperti ini memang begitu diharapkan sekali bagi mereka yang membutuhkan.
Karena kalau mendapatkan bantuan seperti ini, maka nantinya bisa kamu jadikan sebagai modal usaha yang nantinya bisa kamu kembangkan. Dengan cara begini pastinya kamu juga akan merasa terbantu bukan?
Nah, ketika kamu sudah berhasil mendaftarkan sebagai penerima bantuan BPUM dan kamu sudah dinyatakan sebagai penerima program tersebut, maka kamu akan bisa langsung mencairkan bantuannya tersebut.
Namun, apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara untuk mencairkan bantuan seperti BPUM ini? Nah, apabila kamu belum mengetahui cara untuk mencairkannya, maka silahkan kamu ikuti saja langkah – langkah dibawah ini.
- Silahkan kamu siapkan dulu berkas yang diperlukan untuk di cairkan seperti KK, KTP, KSU dan juga yang lainnya
- Kamu bisa langsung datangi saja lembaga pencairan dana BPUM di bagian terdekat, biasanya kalau bantuan seperti BPUM ini bisa dicairkan melalui kantor cabang BRI
- Kemudian kamu bisa langsung katakan saja kepada satpam apabila kamu ingin mengambil bantuan BPUM
- Selanjutnya kamu akan diberikan formulir yang nantinya bisa kamu isikan, lalu kamu isikan saja sesuai dengan yang diminta
- Kamu bisa mengisikan Nama, Usia, Alamat, Jenis Usaha dan yang lainnya
- Setelah semuanya sudah kamu isi, maka silahkan serahkan formulir ke teller bank
- Nantinya teller bank tersebut akan memeriksa bantuan BPUM yang nantinya bisa kamu cairkan
- Setelah itu nanti kamu akan dipanggil dan selanjutnya akan dimintakan berkas – berkas yang dibutuhkan
- Setorkan saja semua berkas yang nantinya diminta dan tunggu lagi
- Setelah kamu di panggil oleh teller bank, maka kamu akan diberikan surat pengambilan dimana kamu bisa tanda tangan saja pada surat yang diberikan
- Nah, jika sudah dana BPUM akan diserahkan
- Apabila semuanya sudah, maka kamu telah berhasil untuk bisa mengambul bantuan BPUM melalui bank BRI
Dengan mengikuti berbagai langkah yang kami berikan diatas, maka kamu akan bisa langsung mengambil bantuan BPUM. Dengan begitu maka kamu akan bisa mendapatkan dana bantuan secara tunai.
Beberapa Cara Untuk Cek Penerima Program BPUM
Untuk bisa mengecek penerima bantuan BPUM ini, maka kamu bisa mengecek saja terlebih dahulu apakah kamu benar – benar penerima bantuan tersebut atau tidak. Untuk melakukan pengecekan seperti ini, maka kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara.
Namun, sebelum kamu mengecek bantuannya, maka sebaiknya kamu siapkan saja terlebih dahulu berbagai persyaratan dan juga berkas – berkas yang nantinya dibutuhkan.
Apabila kamu sudah menyiapkan berbagai berkas ataupun persyaratan yang dibutuhkan, maka baru lah kamu bisa mengecek saja apakah kamu penerima bantuan BPUM atau tidak.
Namun, apakah diantara kamu sudah ada yang mengetahui bagaimana cara untuk mengecek penerima bantuan BPUM? Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara cek nya, silahkan kamu bisa cek saja dengan beberapa cara seperti dibawah ini.
- Pertama kamu bisa cek saja penerima bantuan BPUM melalui bantuan Eform BRI
- Kedua, kamu bisa cek penerima bantuan BPUM pada ketua RT ataupun Kantor Desa
- Ketiga, bisa di cek melalaui bantuan Benpes BPUM
- Keempat, bisa melakukan pengecekan pada bantuan Via SMS ataupun Telepon
- Kelima atau yang terakhir kamu bisa cek bantuan BPUM secara langsung di kantor cabang BRI
Kamu bisa memilih saja langsung untuk cara mengecek bantuan BPUM sesuai dengan yang kamu inginkan. Dengan cara begitu nantinya kamu akan bisa mengetahui bahwa kamu sebagai penerima bantuan BPUM atau tidak.
Cara Melakukan Pendaftaran UMKM
Apabila kamu belum terdaftar sebagai UMKM, maka kamu juga tidak akan bisa mendapatkan program bantuan seperti BPUM ini ya. Karena salah satu syarat untuk menerima bantuan BPUM, maka kamu harus sudah terdaftar sebagai UMKM.
Hal ini memang begitu penting untuk kamu ketahui ya, karena ini syarat yang begitu penting untuk kamu yang ingin mendapatkan bantuan BPUM. Pastinya memang banyak banget diantara kamu yang belum mengetahui cara mendaftarnya bukan?
Jadi kalau kamu ingin mengetahui Cara Daftar BPUM UMKN, silahkan kamu lihat saja berbagai tutorial dibawah ini.
- Awal mula yang harus kamu lakukan yaitu Scan terlebih dahulu berbagai berkas yang dibutuhkan seperti KTP, KK, SKU dan yang lainnya
- Selanjutnya kau bisa membuka saja google chrome yang ada di perangkat kamu
- Apabila sudah, maka kamu bisa langsung kunjungi situs pendaftaran dalam link https://oss.go.id/
- Tunggu saja sampai situs website nya terbuka
- Kamu tinggal melakukan saja Pendaftaran Akun terlebih dahulu
- Kamu bisa melakukan caranya dengan memasukkan Nama dan juga Email Aktif yang kamu miliki, lalu klik Daftar
- Selanjutnya kamu akan diberikan Kode Verifikasi melalu Email dan kamu bisa masukan saja kodenya
- Jika sudah berhasil masuk, silahkan kamu klik bagian Menu dan kamu pilih opsi Perizinan Usaha dan klik kategori Perorangan
- Selanjutnya kamu bisa memasukkan semua data yang dibutuhkan seperti Nama, Usia, Jenis Kelamin, Alamat, NIK dan yang lainnya
- Lalu klik saja Selanjutnya, nanti kamu bisa memasukkan saja data usaha yang kamu miliki seperti Jenis Usaha, Total Aset, Usia Usaha, Pendapatan Per tahun dan juga lainnya
- Lalu klik Simpan dan Lanjutkan, kamu akan diminta agar bisa memasukkan berkas seperti KK, KTP, SKU dll
- Setelah semua berkas sudah lengkap kamu bisa klik Buat NIB
- Tunggu prosesnya di setujui dimana nantinya akan dikirimkan melalui email
- Setelah itu nantinya kamu akan bisa mendapatkan Surat Izin Usaha beserta dengan NIB (Nomor Induk Bidang Usaha)
- Simpan saja berbagai data tersebut dan nantinya bisa kamu gunakan untuk mendapatkan bantuan seperti BPUM
Semoga berbagai syarat untuk Cara Daftar BPUM bermanfaat untuk kamu semua ya. Silahkan kamu mencoba saja mengikuti berbagai tutorial diatas agar kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan program bantuan seperti BPUM.
Baca Juga :